Awan Seperti Tahu Bulat Ini Adalah Pertanda Akan Adanya Gempa Besar Dari Langit?

Awan Seperti Tahu Bulat Ini Adalah Pertanda Akan Adanya Gempa Besar Dari Langit?
09:35 January, 09, 2017 . by jimmy ilham maulana

Seseorang dari akun twitter @pmxpvrtmx berhasil memotret sebuah awan yang berbentuk bulatan yang sempurna. Foto itu ia ambil saat awan tersebut mengapung di atas rumahnya di daerah Fujisawa, Prefektur Kanagawa, Jepang.

"Saat aku melihat keluar, jadi jendela mobil aku melihat awan berbentuk bola bulat. Aku menatap awan itu lalu bergegas mengambil foto. Sebelumnya awan itu bentuknya lebih bulat. Sata menyesal tidak mengambil fotonya lebih cepat."

Karena awan nya yang sedikit aneh, banyak netizen yang bertanya-tanya tentang keaslian fotonya itu. Beberapa dari netizen malah menuduhnya kalau foto yang ia upload adalah editan. Namun, ia berkata kalo fotonya tersebut bukan dari hasil editan.

Masyarakat yang religius juga mengaitkan bahwa awan aneh itu dengan gempa besar yang melanda Jepang pada saat itu. Menurut mereka, awan itu pertanda dari langit (Tuhan) bahwa akan terjadi bencana di tempat tersebut. 

Akan tetapi, ternyata ada pendapat lain dari seorang ahli ilmiah terkait bentuk awan yang aneh itu. Menurut seorang ahli iklim, awan yang bentuknya seperti itu disebut roll cloud.

Roll cloud biasa terjadi saat angin yang dibuat dari gelombang gunung, tergulung pada hari yang berangin. Lebih lengkapnya, Wikipedia menjelaskan fenomena tersebut sebagai arus udara dingin dari angin laut atau gelombang udara dingin pada hari berangin.

Berikut ini adalah gambar-gambar dari roll cloud lainnya yang pernah difoto oleh masyarakat.

 

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini