Ngomongin Imlek Kamu Tau Ga Arti Kata Gong Xi Fa Chai Apa? Oh Ternyata Ini!

Ngomongin Imlek Kamu Tau Ga Arti Kata Gong Xi Fa Chai Apa? Oh Ternyata Ini!
10:08 January, 27, 2017 . by tauffik hermawan

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxi yang berarti "malam pergantian tahun".Pada saat imlek banyak orang yang sering ngucapin "Gong Xi Fa Chai", Kamu tau ga artinya itu apa? nih gw kasih tau aja.

Ternyata ungkapan Gong Xi Fa Cai artinya adalah “Selamat Sejahtera”. Gong Xi sendiri memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok dizaman dulu selamat dari binatang buas. Kemudian sejarah kata Fa Chai yakni sebuah kerajaan yang semakin baik ditengah masyarakat Tionghoa.

Meski bukan berarti Selamat Tahun Baru Imlek, ungkapan tersebut tetap bisa digunakan. Untuk perayaan tahun inipun bisa menggunakan ungkapan Gong Xi Fa Cai 2017.

Ungkapan tersebut tidak hanya diucapkan oleh orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Biasanya anak-anak menambahkan ucapan “Hong Bao Na Lai” artinya “Ang Pao ke Sini Dong!”.

Jika Gong Xi Fa Cai 2017 memiliki arti “Selamat Sejahtera” lalu ungkapan apa yang bisa diucapkan saat Imlek jika ingin mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Jika ingin mengucapkan selamat tahun baru Imlek maka bisa diucapkan dengan kata-kata “Xin Nian Kuai Le”.

Nah sekarang udah pada tahu kan artinya apa? Gw nih perwakilan dari ciusmiapah mau ngucapin “Xin Nian Kuai Le”!!! 

 

恭喜發財

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini