Waw! Indonesia Kini Punya Drone Tanpa Baling-Baling! Pertama Kali Di Dunia!

Waw! Indonesia Kini Punya Drone Tanpa Baling-Baling! Pertama Kali Di Dunia!
08:06 February, 09, 2017 . by sandi suhendi

 

 

M. Rizqy Fauzan lulusan dari SMK merupakan penemu drone tanpa baling-baling yang juga menjuarai Fish Hackathon 2016, keren banget sumpah.

Selain itu juga, Rizqy ini menciptakan alat sensor aplikasi pengukur ikan yang bisa dimanfaatkan buat nelayan.

Bladelesss Drone "F-Copter" demikian dia memberi nama karyanya tersebut, merupakan prototipe drone yang pertama mampu terbang tanpa menggunakan baling-baling. Drone ini buatannya terinspirasi dari konsep “Dyson Air Multiplier“. Konsep ini juga memungkinkan udara dapat tersedot tanpa perlu bantuan baling-baling lagi. Selain baling-baling juga, Fauzan juga turut menghilangkan beberapa komponen lain seperti ESCnya, motor driver motor DC sehingga bisa menghemat bakar dan lebih ringan lagi.

Untuk bisa nmelayang di udara drone ini menggunakan teknik air pressure untuk mancing udara di drone agar mengalir ke bawah melalui frame didesain oleh Fauzan sedemikian rupa. Sedangkan untuk menghasilkan tekanan udaranya ia menggunakan pneumatic speed dan pneumatic turbin sebagai kompresor mini yang diletakkan di dalam drone tersebut.

Cara kerja drone ini sih mengambil udara dari bawah melalui tabungnya. Kemudian langsung dialirkan ke empat lubang yang berfungsi menerbangkan drone tersebut. Hal ini sebagaimana hukum fisika bernoulli, dimana peningkatan kecepatan pada suatu aliran zat cair atau gas akan mengakibatkan penurunan tekanan pada zat cair/gas tersebut. Hukum inilah yang diterapkan Fauzan pada drone buatannya ini.

 Ciptakan karya baru banggakan negrimu! semangat indonesia!!

Anda harus daftar/login Terlebih dahulu untuk memberikan komentar disini